Usus Halus

Diposting oleh Budianto on Selasa, 14 Mei 2013


Usus Halus - Dalam usus halus, proses-proses pencernaan diselesaikan dan hasil-hasil pencernaan diabsorbsi. usus relatif panjang, pada manusia kira-kira 6 meter dan ini memungkinakan kontak yang lama antara makanan dan enzim-enzim pencernaan serta antara hasil-hasil pencernaan dan sel-sel absortif epitel pembatas. Usus halus manusia terdiri atas 3 segmen yaitu Duodenum, yeyenum, dan ileum.

Pada usus halus terdapat vili intestinalis yang panjangnya 0,5-1,5 mm merupakan pertumbuhan keluar mukosa (epitel ditambah lamina propria) yang menonjol ke dalam lumen usus. Dalam duodenum mereka berbentuk seperti daun, lambat laun berbentuk seperti jari waktu mencapai ileum. terdapat kelenjar intestinal atau kelenjar Lieberkuhn. Mukosa usus halus dibatasi oleh beberapa jenis sel yang tersering adalah sel epitel toraks (absortif), sel paneth, dan sel-sel yang mengsekresikan polipeptida endokrin.

Sel-sel absortif memiliki fungsi mengabsorbsi metabolit-metabolit yang dihasilkan dari proses pencernaan makanan. Terdapat sel-sel goblet terselip antara sel-sel absorbsi. LIHAT SELENGKAPNYA
lintasberita
Powered By LintasBerita

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar